Oleh: Debby Rahmi
Virtual office atau disebut juga dengan kantor virtual adalah sebuah kantor yang bersifat maya (online). Tujuan didirikannya virtual office Jakarta ini tidak lain untuk mengatasi masalah karena permintaan gedung sewa kantor serta tingginya harga sewa yang cukup menyulitkan, khususnya untuk startup yang baru tumbuh dan sedang mencoba peruntungannya didunia bisnis.
Virtual office adalah ruang kerja yang berlokasi di internet, yang mana para anggota tim dapat saling berhubungan menggunakan lingkungan kerja digital tanpa harus memiliki lokasi fisik. Atau dengan kata lain, melakukan sewa kantor secara non-fisik yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan bisnis legal.
Apa itu virtual office? Ialah suatu kantor di mana para penyewanya hanya bisa memiliki alamat dari kantor tersebut, dan tidak memiliki bangunan fisik daripada kantor itu sendiri. Maksudnya, perusahaan akan tetap terdaftar dalam perusahaan yang bekerja di kantor, bedanya kamu tidak mempunyai ruangan kantor di gedung tersebut. Oleh karena itu, kamu hanya mempunyai kantor virtual bukan kantor fisik.
Secara tidak langsung kemudahan virtual office memberikan keuntungan dan kelebihan bagi perusahaan-perusahaan, terutama untuk menghemat biaya operasional. Dengan begitu kamu bisa bekerja dari manapun, namun tetap memiliki alamat bisnis yang berpusat di suatu daerah.
Adapun kelebihan lain yang ditawarkan oleh sewa virtual office, mau tau apa saja? simak penjelasannya di bawah ini!
Mempunyai bangunan kantor sendiri akan membuat perusahaan harus mengeluarkan biaya berlebih untuk biaya operasionalnya. Mulai dari, pengeluaran biaya listrik, biaya air hingga biaya inventaris seperti kursi, meja, AC dan peralatan lainnya.
Nah, dengan adanya kantor virtual kedua hal tersebut tidak perlu menjadi beban pikiran. Mengapa? karena semuanya sudah termasuk dalam biaya sewa yang dipilih oleh individu ataupun perusahaan.
Selain itu, penyewa juga tidak perlu memikirkan koneksi internet, dikarenakan pihak penyedia kantor virtual sudah menyediakan layanan koneksi internet bertujuan untuk menunjang pekerjaan setiap penyewanya.
Sudah menjadi hal umum, jika memiliki kantor sendiri mampu meningkatkan gengsi dari suatu perusahaan. Terlepas dari perusahaan tersebut kecil atau besar, namanya akan lebih dikenal oleh para klien dan kolega yang menggunakan jasanya. Contoh paket yang menguntungkan dari layanan sewa virtual office Jakarta adalah bisa memberikan alamat perusahaan.
Walaupun kantornya hanya terdiri dari satu ruangan yang sederhana, perusahaan tetap bisa memakai alamat yang tertera sebagai domisili resminya. Apabila suatu hari nanti ada keperluan surat menyurat, maka pihak pengelola portal office akan langsung melakukan sortir dan memberikannya ke perusahaan kamu.
Saat ini, bekerja tidak harus dilakukan setiap hari secara tatap muka, dan perusahaan juga bisa melakukan perekrutan karyawan tanpa memiliki kantor sama sekali. Lalu bagaimana para karyawan berkomunikasi? Yakni melalui komunikasi real-time dengan menggunakan fasilitas internet secara remote atau bekerja dari rumah.
Hadirnya virtual office akan membuat perusahaan menjadi lebih bebas dalam merekrut banyak pekerja. Banyaknya jumlah pekerja tadi dimaksudkan mampu untuk menangani proyek dari klien, sehingga keuntungan yang didapatkan perusahaan akan mengalami peningkatan.
Seperti yang diketahui bahwa proses bekerjanya tidak memerlukan biaya operasional yang besar, maka keuntungan yang diperoleh akan menjadi semakin besar.
Dengan demikian, uang yang seharusnya digunakan untuk berbagai kebutuhan operasional bisa digunakan untuk kemajuan perusahaan dan menyejahterakan para karyawannya. Melalui cara tersebut, seluruh pihak akan memperoleh keuntungan sehingga performa perusahaan bisa terus meningkat.
Setiap klien mempunyai cara pikir dan sudut pandang masing-masing. Ada klien yang lebih menekankan pada hasil, namun ada pula klien yang lebih memperhatikan impresi pertama. Klien yang cenderung berorientasi pada hasil, perihal tempat kerja bukanlah masalah besar.
Berbeda dengan klien yang ingin semuanya harus tampak sempurna, pasti mereka akan melihat perusahaan dari alamat kantornya untuk menilai apakah perusahaan ini nyata dan bisa bekerja dengan baik. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena virtual office murah mampu memberikan alamat resmi untuk perusahaan kamu nantinya.
Tidak sedikit portal office yang memberikan paket sewa yang bervariasi, misalnya harga bulanan sampai harga tahunan. Jika kamu sudah merasa bosan di kelas virtual tersebut, kamu bisa memperbarui kerja sama di akhir periode penyewaan.
Tetapi, jika kamu menginginkan suasana yang baru, maka bisa pindah ke tempat lain tanpa harus terikat dengan masalah biaya yang besar. Sebagai contoh, kamu ingin lokasi perusahaan yang dekat dengan klien atau lokasi strategis lainnya. kamu bisa memilih lokasi yang pertokoan yang berada ditengah kota.
Selain itu, ganti suasana dinilai bisa membuat pekerja lebih kreatif dengan syarat lingkungannya harus aman dan nyaman.
Ada beberapa manfaat dari sewa virtual office yang tidak hanya dirasakan oleh perusahaan, melainkan juga para karyawannya. Hal ini baik secara langsung maupun tidak tentu akan berpengaruh pada operasional serta kinerja tim dalam melakukan tugas yang diberikan.
Berikut manfaat virtual office yang perlu kamu ketahui, antara lain:
Dengan menggunakan kantor virtual, waktu kerja menjadi lebih fleksibel. Bahkan, banyak pekerja yang mencari waktu kerja yang fleksibel. Alasannya, waktu yang fleksibel akan membuat mereka lebih produktif dengan pekerjaan kantor dan pekerjaan rumah, contohnya berkumpul bersama anggota keluarga, membersihkan rumah, berolahraga dan lain sebagainya.
Tugas kamu hanya memantau karyawan agar mereka bekerja sesuai dengan prosedur yang berlaku. Sebab, karyawan hanya ke kantor ketika ada janji bertemu dengan klien atau hal penting lainnya. Pengertian virtual office baik secara sadar ataupun tidak akan membuat produktivitas individu dan operasional bisnis meningkat.
Meskipun, bekerja via virtual kamu masih bisa menetapkan rancangan dan target kerja yang ingin dicapai. Tujuannya untuk memudahkan kamu dalam melakukan pengawasan dan evaluasi kerja tim. Jadi, tanpa bertemu sama sekali pun kamu masih bisa mengawasi mereka dan memecahkan masalah krusial yang sedang terjadi.
Mengingat tidak ada sewa kantor, tidak ada perangkat keras, tidak ada biaya utilitas dan tidak ada biaya yang dikeluarkan untuk memperbaiki peralatan kantor atau bangunan yang rusak, maka biaya overhead menjadi sedikit.
Dengan begitu, biaya tersebut bisa dialokasikan untuk mendukung operasional bisnis. Sehingga perusahaan lebih fokus pada biaya esensial yang berpengaruh langsung ke kinerja bisnis
Itu tadi pembahasan tentang pengertian virtual office, yang jika ditarik kesimpulan merupakan sebuah kantor virtual yang menggunakan lingkungan kerja digital tanpa mengharuskan perusahaan untuk memiliki lokasi fisik.
Keberadaan virtual office tentunya sangat menguntungkan terutama untuk perusahaan yang masih baru, serta bagi karyawan yang sering bekerja di lapangan.
Infiniti Superapp adalah platform penyedia Layanan Bisnis Super Lengkap: Office, Legal, Tax, Accounting, Digital dan Apps. Layanan kami termasuk sewa virtual office, jasa pembuatan pt, jasa pendirian pt dan virtual office serta layanan lainnya.
Infiniti berdiri sejak tahun 2017 dan dengan 2.200++ bisnis mempercayai kami, 15.000++ layanan surat menyurat, 0 dokumen yang hilang, 19 meeting room di semua lokasi.
Penulis
Debby RahmiDebby adalah Partner Office di Infiniti. Memiliki pengalaman sebagai operation manager yang fokus pada customer. Debby bertanggung jawab atas operasional Divisi Office untuk memastikan pelayanan yang terbaik
Ketentuan Pengutipan Website
Apabila kamu ingin mengutip tulisan dari Infiniti kamu bisa atribut penulisan sumber dengan format dibawah ini:
⬇️ ⬇️ Copy paste ⬇️ ⬇️
Debby Rahmi. "6 Kelebihan Virtual Office Yang Harus Kamu Ketahui!". Infiniti Blog [tanggal kamu akses]. https://office.infiniti.id/blog/office/6-alasan-memilih-virtual-office